Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloop

Memperbaiki Semua Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloop - Tutorial ini mungkin sedikit mirip dengan Memperbaiki Semua Android Xperia yang Mati Rusak dan Bootloop yang pernah saya publish akhir bulan April yang lalu.

Jadi sebetulnya prinsip memperbaiki seluruh Android yang bootloop itu sama saja. Bootloop atau nama lain dari gagal start up / gagal booting merupakan kondisi dimana suatu smartphone Android freeze di boot animation tanpa ada proses kelanjutannya. Biasanya terjadi karena dipengaruhi oleh dua faktor inti yakni konfigurasi Android yang crash dan system Android yang crash. Paham perbedaannya?

Secara garis besar tidak hanya Sony Ericsson Xperia dan Samsung saja yang bisa saya ulas disini, mengingat sudah saya katakan diatas bahwa prinsip memperbaiki seluruh Android yang bootloop itu sama. Bisa jadi suatu saat saya mempublish sebuah tutorial berjudul Memperbaiki Semua Android China yang Mati Rusak dan Bootloop atau Memperbaiki Semua Android HTC yang Mati Rusak dan Bootloop dan lain sebagainya.

Bila suatu ketika Samsung kita sedang berada dalam kondisi bootloop, cara memperbaikinya *cari amannya saja* cara yang paling mudah dan Insya Allah terbukti paling manjur yaitu melalui jalur flashing ulang firmware. Kita bisa memanfaatkan Odin sebagai flasher nya Samsung. Tidak sama seperti Xperia yang memakai Flashtool sebagai media flashing nya.

Hal ini bisa juga dilakukan di vendor-vendor smartphone Android yang lain. Apapun smartphone Android anda, bila kondisinya sekarang bootloop, tanpa adanya Recovery (CWM) yang terinstal, lakukan flashing ulang firmware. Tapi ingat, cara memperbaikinya memang sama, hanya saja firmware dan tool nya saja yang berbeda. Tidak bisa Samsung di flash ulang memakai Flashtool. Begitupun smartphone lain.

Selain karena file firmware nya berbeda, juga kedua tool ini memang tidak lah sama. Intinya seperti itu.

Memperbaiki Semua Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloop

Daripada kebanyakan basa-basi, ikuti langkah-langkah Memperbaiki Semua Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloop berikut :
 
1 Beberapa hal yang wajib anda persiapkan untuk memulai proses flashing firmware ini yaitu Odin sebagai tool flasher nya, firmware yang akan kita flash, dan satu yang paling penting juga yaitu driver Samsung khusus smartphone anda. Download Odin disini, download driver Samsung sesuai dengan jenis ponsel disini, download firmware ponsel Samsung anda disini. Cari dibagian Devices di menu drop down di sisi sebelah kiri

2 Setelah segala jenis keperluan diatas dipersiapkan, ekstrak Odin dan firmware Samsung ke sebuah folder yang sama. Selanjutnya instal driver nya kedalam komputer anda. Driver berguna untuk mendeteksi smartphone agar bisa terbaca pada waktu dihubungkan kedalam komputer

3 Buka Odin, sambungkan smartphone ke komputer dengan catatan Samsung anda sudah masuk kedalam Download Mode. Caranya, kebanyakan ponsel Samsung dalam kondisi mati tekan tombol volume bawah + home + power secara bersama-sama hingga muncul logo warning beserta deskripsi-deskripsinya dan setelah itu pilih Continue untuk melanjutkan. Setelah itu, pastikan pada Odin muncul kotak berwarna kuning dipojok sebelah kiri

4 Isikan segala file firmware yang sudah anda ekstrak kedalam kotak yang sudah disediakan. Misalnya file CSC dikotak CSC, file Modem dikotak Phone, dan file PDA dikotak PDA. Pada step ini bila anda merasa bingung, sebagai referensi buka Tutorial Cara Flashing Samsung Galaxy Young via Odin

 
Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloo
Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloo

Langkah terakhir, tinggal klik START dan bersabarlah menunggu proses flashing nya berjalan. Tunggu prosesnya selesai sambil berdoa. Bila proses flashing nya telah rampung, muncul lah kotak hijau bertuliskan PASS disisi Odin sebelah kiri.

Bila ya, itu tandanya anda telah sukses memperbaiki Samsung Android anda. Selamat :)

 Flashing ulang firmware Android akan menyebabkan hilangnya seluruh data di telepon seperti aplikasi, contact, message, calendar, dan lain-lain. Flashing ulang firmware juga akan menghilangkan hak akses root Android anda. Jadi bila sebelumnya Samsung tersebut sudah pernah di root, dengan flashing ulang firmware maka hak akses root nya akan lenyap. *Hal tersebut pernah saya ulas di Cara Mudah Menghilangkan & Menghapus Root Android


Do With Your Own Risk.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

0 Response to "Cara Memperbaiki Android Samsung yang Mati Rusak dan Bootloop"

Post a Comment

wdcfawqafwef