Mengenal bot media sosial


Bot adalah sebutan sederhana  untuk internet bot, yang dikenal juga dengan web robot atau www robot. Bot  merupakan aplikasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu di internet secara otomatis.

Dengan semakin banyaknya media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, LinkedIn, Youtube, FourSquare semakin banyak pula diciptakan bot-bot sosial yang bertugas menjadi teman kita demi mengambil informasi dan merekam segala kegiatan kita, dari apa yang kita ketik, kita lihat, kita beli, dan bahkan bot bisa menganalisa pesan yang kita kirim.

Mungkin anda pernah melihat status teman atau siapa yang mempunyai ribuan like, atau twitter anda mendapat banyak follower baru, dan ketika anda follow back keesokan harinya mereka telah menghilang dari daftar yang mengikuti anda, itu merupakan salah satu contoh fungsi bot.

Beberapa tugas dan fungsi bot sosial antara lain :

- Menambah atau mengurangi teman, like, fans, dan juga follower.

- Menganalisa titik lemah yang bisa diserang.

- Mengarahkan ke suatu merek atau produk tertentu.

- Mengetahui lokasi  berdasarkan IP address.

- Mengumpulkan dan melaporkan data.

- Mencuri informasi.

- Memanipulasi voting.

- Mengirimkan pesan positif atau yang negatif tentang produk atau orang.

Tujuan dibuatnya bot ini tidak semuanya untuk hal-hal negatif, banyak bot diciptakan untuk kebaikan, tapi yang pasti bot diciptakan untuk memberikan keuntungan bagi pembuatnya.

Menurut data dari Incapsula, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang keamanan website, dari tahun 2012 sampai 2013 61,5 % lalu lintas internet dilakukan oleh bot, ini meningkat 10 % dari tahun sebelumnya yang hanya 51 %, dan diperkirakan 31 % dari mereka adalah bot berbahaya dan perusak.

Hal-hal yang perlu dilakukan guna untuk meminimalisir dan berjaga-jaga dari bot yang membahayakan kita di media sosial adalah :

1. Jangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak kita kenal.

2. Pisahkan antara halaman untuk bisnis dan personal.

3. Hindari berteman dengan yang tidak menampilkan foto wajah di profil.

4. Cek berapa cepat mereka menerima permintaan pertemanan kita, hanya bot dan orang-orang yang mendewakan social media menerima pertemanan kita dalam hitungan detik.

5. Set up akun anda bukan untuk umum. Batasi siapa-siapa yang bisa melihat atau post di timeline.

6. Cek koleksi foto mereka, bot bukan sekumpulan anak alay atau selfi yang punya banyak koleksi foto.
ari update status keren dan lucu.





0 Response to "Mengenal bot media sosial"

Post a Comment

wdcfawqafwef