Cara agar sukses di bisnis online

Cara atau langkah ini khusus bagi yang ingin memulai bisnis online, dengan berjualan jasa atau barang. Sudah banyak dari pebisnis online yang baru mulai ataupun yang sudah  berkembang  mengikuti beberapa langkah2 ini.

1. Cari dan Temukan apa yang di butuhkan, kemudian sediakan.
 Banyak orang gagal dalam menjalankan bisnis online dikarenakan mencari produk/barang terlebih dahulu tanpa melihat kebutuhan pasar. Seharusnya cari dulu apa yang dibutuhkan pasar, baru kita sediakan produk/barang/jasa yang dibutuhkan.
Untuk melihat kebutuhan "pasar", anda bisa mengunjungi forum-forum online, mencari tahu apa yang mereka bicarakan dan perlukan. Selain itu anda juga bisa mencari kata kunci tertentu yang banyak di cari orang.

2. Deskripsikan / jelaskan produk/barang  semenarik mungkin.
Buat pengunjung tidak hanya sekedar datang dan melihat-lihat, tapi buat mereka menjadi pembeli, yang tentunya dengan cara :
- Memberi judul yang menarik untuk membangkitkan minat pengunjung.
- jelaskan manfaat produk anda, dan buat seolah-olah hanya produk/barang yang mampu memenuhi kebutuhan pembeli.
- Beri garansi
- Batas waktu pengunjung bisa membeli dengan harga tertentu.
- Testimonial dari para pembeli produk anda.

3. Desain dan buatlah website / toko online.
Setelah anda tahu kebutuhan pasar dan produk, selanjutnya adalah mendisain web untuk bisnis anda. Ingatlah bahwa web anda adalah toko anda, desainlah senyaman dan sesederhana mungkin.Buatlah pengunjung tertarik dalam hitungan detik. Dan tentu saja permudah pembeli dari proses pemilihan produk sampai pembayaran.

4. Pergunakan dan manfaatkan mesin pencari untuk mengarahkan target pembeli ke website.
Untuk langkah ini anda juga bisa menggunakan jasa PPC ( pay per click ) untuk mendapatkan traffic atau pengunjung. Atau dengan mengunakan jasa2 traffic yang lain.

5. Bangun reputasi website.
Pada umumnya internet adalah alat untuk berbagi dan mencari informasi, artinya, buatlah informasi tentang website anda dengan cara menulis artikel , membuat video, atau yang lainnya dan kemudian sebarkan ke forum, social media, atau email ke teman-teman anda.

6. Manfaatkan email sebagai alat marketing.
Setiap pengunjung yang datang dan mendaftar di situs anda, pasti mereka meninggalkan alamat email. pastikan anda mengirimkan email ke pengunjung sebagai proses tindak lanjut ataupun mengenalkan produk baru dengan penawaran yang menarik. Dengan selalu mengirimi mereka email, ini membuat pengunjung merasa tidak pernah kita lupakan.

7. Meningkatkan penjualan dan income melalui back-end sales dan up selling.
 Back end sales kurang lebih artinya adalah Produk yang di tawarkan setelah pembelian pertama. Penawaran ini bisa seminggu atau sebulan setelah pembelian. Back end sales ini biasanya di lakukan melalui email, sms, atau telepon.
Up selling  kurang lebih artinya adalah menawarkan produk tambahan kepada pembeli sebelum pembeli melakukan pembayaran. Produk yang di tawarkan  bisa produk yang sama atau berbeda. produk ini bisa juga di berikan secara gratis sebagai pembelian paket.


Itulah langkah-langkah untuk membangun sebuah bisnis online. Dengan pertumbuhan internet yang sangat cepat, saya yakin langkah-langkah di atas ada sedikit atau banyak kekurangannya. Untuk mengisi kekurangan dan memksimalkan bisnis anda, silahkan anda tambah sendiri agar menjadi lengkap.





0 Response to "Cara agar sukses di bisnis online"

Post a Comment

wdcfawqafwef